Rabu, 12 Januari 2022
Advertisment
BerandaLiputanOlah RagaSport Tourism Didorong Jadi Andalan Pariwisata di Indonesia

Sport Tourism Didorong Jadi Andalan Pariwisata di Indonesia

Pemerintah Harus konsisten mendorong pengembangan sport tourism menjadi salah satu tulang punggung pariwisata di masa mendatang. Sport tourism diharapkan menjadi katalisator untuk mendongkrak kembali industri pariwisata yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Pemerintah baru-baru ini menggelar sejumlah event olahraga akbar seperti seperti World Superbike (WSBK) di Mandalika serta Indonesia Badminton Festival (IBF). Selain itu pemerintah juga punya gawe Piala Presiden Esports 2021 di Bali yang sukses menggeliatkan pariwisata di Pulau Dewata.

Deputi Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rizki Handayani Mustafa, mengatakan pemerintah sangat mendukung ajang olahraga untuk menunjang pariwisata. “Sports event saat ini juga sesuai lifestyle sekarang yang perhatian dengan kesehatan. Harapannya lifestyle ini turut mendorong orang untuk berwisata,” ujar Rizki dalam bincang media virtual bertema Piala Presiden Esports 2021 dan Upaya Mendorong Pertumbuhan Sports Tourism yang digelar Rabu (8/12/2021).

Kepala Seksi Peningkatan Prestasi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bali, Cokorda Raka Satrya, mengatakan perekonomian warga Bali sempat terpukul hebat akibat pandemi Covid-19. Hal itu lantaran mayoritas roda ekonomi di Pulau Dewata ditopang sektor pariwisata maupun kegiatan yang berkaitan dengan olahraga.

Pihaknya mengapresiasi penyelenggaraan grand final Piala Presiden Esports 2021 di Bali dan berharap ajang itu dapat mengangkat kembali pamor Bali di kalangan turis. Grand final rencananya digelar 17-19 Desember. “Kami berharap keadaan semakin membaik sehingga kegiatan olahraga terus bertumbuh dan memberi dampak perekonomian di Bali.”

Sekretaris Jenderal Piala Presiden Esports 2021, Mathew Airlangga, mengatakan konsep penyelenggaraan Piala Presiden Esports mengusung berbagai elemen dalam sports tourism agar mampu memberi dampak positif bagi pariwisata, khususnya di Bali. Ia mencontohkan tema lomba yakni Land of Wonders ingin memperlihatkan berbagai visual menarik yang berasal dari keindahan alam dan budaya Indonesia.

“Kami juga berkolaborasi dengan seniman, pelaku industri dan UMKM di Bali pada grand final. Selain itu ada lebih dari 200 atlet esports yang bakal hadir di Bali,” ujarnya.

https://www.solopos.com/sport-tourism-didorong-jadi-tulang-punggung-pariwisata-di-indonesia-1212704?utm_source=terkini_desktop

TULISAN TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Terbaru

Komentar Terbaru